Cara Install MariaDB Centos 7

Sekarang setelah web server kemarin aktif dan berjalan, sekarang saatnya untuk menginstal MariaDB, pengganti MySQL. MariaDB adalah fork yang dikembangkan komunitas dari MySQLMariaDB adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License).

Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MariaDB, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. Oke gaskeun cara installnya.

Installing MariaDB Sekali lagi, kita dapat menggunakan yum menginstal perangkat lunak. Kali ini juga akan menginstal beberapa paket pembantu lain yang akan membantu dalam mendapatkan komponen, untuk saling berkomunikasi:

sudo yum install mariadb-server mariadb

Ketika instalasi selesai, untuk memulai MariaDB dengan perintah berikut:

sudo systemctl start mariadb

Sekarang database MariaDB sedang berjalan, untuk menjalankan skrip agar lebih aman yang akan menghapus beberapa default berbahaya dan mengunci akses ke database. Mulai skrip interaktif dengan menjalankan:

sudo mysql_secure_installation

Prompt akan menanyakan kata sandi root MariaDB saat ini. Karena Anda saja menginstal MariaDB, kemungkinan besar tidak akan memilikinya, jadi biarkan kosong dengan menekan enter. Maka prompt akan menanyakan apakah ingin mengatur kata sandi root. Silakan masukkan Y, dan ikuti instruksi:

mysql_secure_installation prompts:
Enter current password for root (enter for none): 
OK, successfully used password, moving on...

Setting the root password ensures that nobody can log into the MariaDB
root user without the proper authorisation.

Set root password? [Y/n] y
New password: 
Re-enter new password: 
Password updated successfully!
Reloading privilege tables..
 ... Success!

Untuk sisa pertanyaan, dengan menekan tombol “ENTER” melalui setiap prompt untuk menerima nilai default. Ini akan menghapus beberapa sampel pengguna dan basis data, menonaktifkan login root jarak jauh, dan memuat aturan-aturan baru ini sehingga MySQL segera menghargai perubahan yang telah dibuat.

Hal terakhir yang dilakukan adalah mengaktifkan MariaDB untuk memulai saat boot. Gunakan perintah berikut untuk melakukannya

sudo systemctl enable mariadb

Kesimpulan

MariaDB sudah berhasil diinstall nih, next tutorial install PHPnya yak, jika ada pertanyaan melalui email yah

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *